Kamis, 09 Juli 2020

RPP PALIP XI KD 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No 001/ PALIP XI / 2020

Nama Sekolah                         : SMK Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran                        : Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
Kelas/Semester                        : XI / 1
Materi/submateri                     : Pembukuan tunggal dan  pembukuan berpasangan
Tahun Pembelajaran                : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 12 JP

A.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Problem Based Learning siswa mampu menjelaskan pembukuan tunggal, dan  pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah , mengidentifikasi pembukuan tunggal, dan pembukuan berpasangan  untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah, membuat pembukuan akuntansi pemerintah daerah memiliki sikap toleransi, kerjasama , santun, peduli.

B.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran dan cek kebersihan lanjut apersepsi dengan info pembukuan tunggal dan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah, menstimulus video tentang pembukuan tunggal dan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah dan menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, lengkah pembelajaran dan teknik penilaian.
Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan 1
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian kepada topic materi, Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan pembukuan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah peserta didik mengumpulkan informasi  menggali informasi terkait pembukuan tunggal dan berpasangan.
Pertemuan 2
Peserta didik berdiskusi dalam beberapa kelompok untuk mengumpulkan informasi (Literasi), mempresentasikan ulang, saling tukar informasi tentang materi, dan mengumpulkan informasi.
Pertemuan 3
Peserta didik menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran akuntansi pemerintah daerah
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Guru menutup pembelajaran bersama Peserta didik dengan menyimpulkan pembelajaran, refleksi, umpan balik, penugasan, pesan moral, menyampaikan informasi pembelajaran selanjutnya dan berdoa
C.     Penilaian ( Assesment ) : 
o   Teknik penilaian (sikap spiritual dan sosial dan pengetahuan (assesment for as and of learning) dan keterampilan ( laporan portofolio )
o   Penilaian pengetahuan            : Tes tertulis ( pilihan ganda dan uraian ) dan tes lisan
o   Penilaian keterampilan            : observasi, wawancara, portofolio/ unjuk kerja ( laporan tertulis individu dan kelompok )
( Membuat pencatatan pembukuan dengan sistem pembukuan berpasangan! )
o   Alat dan bahan Komputer, LCD, Speaker
o   Media Pembelajaran    : Power Point, Video
o   Sumber Belajar, Manual sistem dan Prosedur Akuntansi Pelaporan Keuangan Daerah Pemerintah kota Bandung. Buku paket Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah dari Kemendikbud. Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, Sohidin-LPA mitrabijak Surakarta, Abdul Halim. 2017. Akuntansi Keuangan Daerah Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat



                                                                                                            Brebes,  08  Juli 2020
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMK N 1 Brebes                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                   

                                                           
Drs. Bejo, M.Pd                                                                                  Satria Budi Utomo, SE. M.Si
NIP. 19660708 199512 1 001                                                                        NIP.19720107 200701 1 008
Lampiran  ( penilaian pengetahuan )

Kisi-kisi soal pengetahuan

Nama Sekolah
BidangKeahlian
Program Keahlian
Kompetensi Keahlian
Mata pelajaran
Bentuk soal
Kelas
: SMK Negeri 1 Brebes
: Bisnis dan Manajemen
: Akuntansi dan Keuangan
: Akuntansi dan Keuangan Lembaga
: Praktik Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
: Pilihan ganda
: XI Akuntansi

Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.1.        Memahami pembukuan tunggal dan pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah

3.1.1       Menjelaskan pengertian akuntansi keuangan daerah
3.1.2       Menjelaskan kedudukan akuntansi keuangan daerah
3.1.3       Menjelaskan pengertian pembukuan tunggal
3.1.4       Menjelaskan pengertian pembukuan berpasangan
3.1.5       Menjelaskan sistem akuntansi pemerintah daerah
3.1.6       Menjelaskan basis akuntansi pemerintah daerah
3.1.7       Membedakan pembukuan tunggal dan berpasangan
3.1.8       Membedakan basis kas dan basis akrual
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian akuntansi keuangan daerah
2.      Siswa dapat menjelaskan kedudukan akuntansi keuangan daerah
3.      Siswa dapat menjelaskan pengertian pembukuan tunggal dan berpasangan
4.      Siswa dapat memahami sistem akuntansi pemerintah daerah
5.      Siswa dapat membedakan pembukuan tunggal dan berpasangan


-   5 Pilihan ganda
-     2 Essay
Terlampir

Soal :
1.      Proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan dan pelaporan transaksi ekonomi (keuangan) dari entitas pemerintah daerah-pemda (kabupaten, kota, atau provinsi) yang dijadikan sebagai informasi dalam rangka pengambilan keputusan ekonomi yang diperlukan oleh pihak-pihak eksternal entitas pemda (kabupaten, kota atau provinsi) dinamakan...
a.       Akuntansi Keuangan Lembaga
b.      Akuntansi Keuangan Instansi
c.       Akuntansi Keuangan Daerah
d.      Akuntansi Keuangan Pemerintah
e.       Akuntansi Keuangan Lanjutan
2.      Kedudukan akuntansi keuangan daerah didalam manajemen keuangan daerah yaitu....
a.       Pengendalian pengeluaran keuangan daerah.
b.      Pengendalian penerimaan keuangan daerah.
c.       Alat untuk melaksanakan manajemen keuangan daerah.
d.      Alat untuk mengekloitasi keuangan daerah.
e.       Obyek pengelolaan keuangan daerah
3.      Siatem pembukuan tunggal adalah...
a.       Pencatatan sisi debit dan sisi kredit
b.      Sistem tata buku tunggal (tata buku saja)
c.       Pencatatan dengan sistem ini disebut dengan istilah menjurnal
d.      Pencatatan harus menjaga keseimbangan
e.       aset = kewajiban + ekuitas dana.
4.      Serangkaian prosedur mulai dari proses pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran, sampai dengan pelaporan keuangan dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang dapat dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi komputer dinamakan..
a.       Sistem akuntansi pemerintah pusat ( SAPP )
b.      Sistem akuntansi pemerintah daerah ( SAPD )
c.       Sistem akuntansi pemerintah propinsi ( SAPP )
d.      Sistem akuntansi pemerintah kabupaten ( SAPK )
e.       Sistem akuntansi pemerintah kota ( SAPK )
5.      Basis kas untuk pengakuan pendapatan, belanja dan pembiayaan dalam Laporan Realisasi Anggaran adalah...
a.       Pada saat terjadi transaksi yang menyangkut pendapatan dan belanja
b.      Pada saat terjadi transaksi yang menyangkut pembiayaan
c.       Pada saat terjadi transaksi penerimaan kas.
d.      Pada saat terjadi transaksi pengeluaran kas.
e.       Pada saat penerimaan kas di Rekening Kas Umum Negara/daerah atau entitas pelaporan
Soal Essay :
1.      Jelaskan perbedaan Single entry dan double entry !
2.      Jelaskan perbedaan basis kas dan basis akrual !

Kunci jawaban :
1.    Pilihan ganda
1
C
2
C
3
B
4
B
5
E
2.   Uraian
Perbedaan Single entry dan double entry
No
Single entry
double entry
1
pembukuan tunggal
pembukuan berpasangan
2
sederhana ( Kas (-)/Kas(+)
D dan K ( komplek )
Perbedaan basis akrual ( accrual basis )
Basis akrual (accrual basis) yaitu sebuah teknik pencatatan akuntansi, yang pencatatannya dilakukan saat terjadinya transaksi walaupun kas belum diterima. Dalam pencatatan menggunakan basis akrual ini tentu akan lebih akurat, dan dengan menggunakan basis akrual aset, kewajiban dan ekuitas mudah diukur. Di dalam basis akrual sebuah pendapatan akan diakui ketika perusahaan memiliki hak untuk melakukan penagihan dari hasil transaksi. Dan menggunakan basis akrual ini tidak memperdulikan kapan kas akan diterima, dan kapan kas dikeluarkan. Pengakuan biaya di dalam basis akrual ini ketika kewajiban membayar sudah jatuh tempo. Dan biaya tersebut sudah dapat diakui ketika kewajiban membayar sudah terjadi, meskipun kas belum dikeluarkan.
Basis kas (cash basis) yakni sebuah metode pencatatan di dalam akuntansi, yang hanya mencatat transaksi, jika ada penerimaan atau pengeluaran kas. Jadi, meski ada transaksi yang terjadi, misalnya hutang atau piutang. Tetapi karena tidak adanya kas yang masuk atau keluar, maka transaksi ini tidak dicatat jika menggunakan metode basis kas. Contohnya, jika Anda menerima pendapatan dari perusahaan lainnya, tetapi uangnya Anda terima nanti, maka transaksi tersebut tidak akan dicatat. Karena ini tidak ada kas yang masuk dan ini tidak dianggap sebagai pendapatan
Rubrik penilaian :
1.      Pedoman penilaian pilihan ganda
·     Salah mendapat skor 0
·     Benar mendapat skor 1
·     Nilai pilihan ganda = 

Siswa memperoleh benar = 5
                                                                                = 100      

2.      Pedoman penilaian uraian
No
Skor
Deskripsi Skor
1.
5
Jika jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban.
2.
4
Jika jawaban sesuai kunci jawaban tetapi tidak ada pengembangan.
3.
3
Jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.
4.
1
Jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban.
Pedoman pengolahan nilai :
No Soal
Skor Maksimal
Skor Perolehan
1
5
5
2
5
5
Jumlah
10
10

Jumlah nilai uraian = ( Nilai perolehan KD Pengetahuan / Skor Maksimal KD Pengetahuan ) x 100 %
Jumlah nilai uraian = ( 10 / 10 ) x 100 %
Jumlah nilai uraian = 100
Peserta didik memperoleh nilai :
·           Sangat Baik    : apabila memperoleh skor  : 86  < skor < 100
·           Baik                : apabila memperoleh skor  : 70  < skor < 85
·           Kurang           : apabila memperoleh skor :  skor < 70