Kamis, 09 Juli 2020

RPP PALIP XI KD 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No 002 / PALIP XI / 2020

Nama Sekolah                         : SMK Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran                        : Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
Kelas/Semester                        : XI / 1
Materi/submateri                     : Persamaan akuntansi, konsep debit dan kredit, penjurnalan, bukbesar, saldo normal dan                         laporan keuangan untuk akuntansi keuangan
  pemerintah daerah
Tahun Pembelajaran                : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 12 JP ( 3 x pertemuan )

A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning siswa mampu menjelaskan sistem persamaan akuntansi , konsep debit dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah, Melakukan pencatatan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah Mengaplikasikan sistem persamaan akuntansi.Mengaplikasikan mengenai konsep saldo normal serta konsep debit dan kredit mengaplikasikan sistem jurnal, buku besar dan laporan keuangan. Memiliki sikap toleransi, kerjasama , santun, peduli.

B.        Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan ( 10 menit )
Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran dan cek kebersihan lanjut apersepsi dengan info persamaan akuntansi, konsep debit dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah dan menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, lengkah pembelajaran dan teknik penilaian.
Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan 1
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian kepada topic materi, Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan persamaan akuntansi, konsep debit dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
Pertemuan 2
Peserta didik berdiskusi dalam beberapa kelompok untuk mengumpulkan informasi (Literasi), mempresentasikan ulang, saling tukar informasi tentang materi, dan mengumpulkan informasi.
Pertemuan 3
Peserta didik menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran persamaan akuntansi, konsep debit dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Guru menutup pembelajaran bersama peserta didik dengan menyimpulkan pembelajaran, refleksi, umpan balik, penugasan, pesan moral, menyampaikan informasi pembelajaran selanjutnya dan berdoa
C.       Penilaian ( Assesmen ) : 
o   Teknik penilaian (sikap spiritual dan sosial dan pengetahuan (assesment for as and of learning) dan keterampilan ( laporan portofolio )
o   Penilaian pengetahuan            : Tes tertulis ( pilihan ganda dan uraian ) dan tes lisan
o   Penilaian keterampilan            : observasi, wawancara, portofolio/ unjuk kerja ( laporan tertulis individu dan kelompok )
( Membuat persamaan akuntansi pada akuntansi pemerintah daerah )
o   Alat dan bahan Komputer, LCD, Speaker
o   Media Pembelajaran    : Power Point, Video
o   Sumber Belajar, Manual Sistem dan Prosedur Akuntansi Pelaporan Keuangan Daerah Pemerintah kota Bandung. Buku paket Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah dari Kemendikbud. Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, Sohidin-LPA mitrabijak Surakarta


                                                                                                            Brebes,  08  Juli 2020
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMK N 1 Brebes                                                                    Guru Mata Pelajaran
                                   

                                                           
Drs. Bejo, M.Pd                                                                                  Satria Budi Utomo, SE. M.Si
NIP. 19660708 199512 1 001                                                                        NIP.19720107 200701 1 008



Lampiran  ( penilaian pengetahuan )

Kisi-kisi soal pengetahuan

Nama Sekolah
BidangKeahlian
Program Keahlian
Kompetensi Keahlian
Mata pelajaran
Bentuk soal
Kelas
: SMK Negeri 1 Brebes
: Bisnis dan Manajemen
: Akuntansi dan Keuangan
: Akuntansi dan Keuangan Lembaga
: Praktik Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
: Keterampilan
: XI Akuntansi

Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
4.2    Melakukan pencatatan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
4.2.1     Mencatat persamaan akuntansi.
4.2.2     Mencatat konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan pemerintah daerah.
1.        Siswa dapat mencatat persamaan akuntansi
2.        Siswa dapat mencatat konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan pemerintah daerah.

-    10 soal pilgan
-    1 soal Praktik
Terlampir

Soal :

Pemerintah daerah“ XYZ” memiliki asset Rp. 250.000.000.000,-kewajiban Rp. 1.000.000.000,-dan ekuitas Rp. 249.000.000.000,-. Dalam tahun anggaran 2018 :
1.      Telah mengeluarkan belanja barang pakai habis sebesar Rp. 300.000.000,-
2.      Mendapatkan DAU Rp. 500.000.000,-
3.      Melakukan aktivitas pembiayaan dengan meminjam pihak ketiga Rp. 1.000.000.000,-
Kunci jawaban :
1.    Pilihan ganda
1
C
2
C
3
B
4
B
5
E
2.   Uraian

Rubrik penilaian :
1.   Pedoman penilaian pilihan ganda
·     Salah mendapat skor 0
·     Benar mendapat skor 1
·     Nilai pilihan ganda = 



2.      Pedoman penilaian uraian
No
Skor
Deskripsi Skor
1.
4
Jika jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban.
2.
3
Jika jawaban sesuai kunci jawaban tetapi tidak ada pengembangan.
3.
2
Jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.
4.
1
Jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban.
Pedoman pengolahan nilai :
No Soal
Skor Maksimal
Skor Perolehan
1
4
4
2
4
4
3
4
4
4
4
4
5
4
4
Jumlah
20
20

Jumlah nilai uraian = ( Nilai perolehan KD Pengetahuan / Skor Maksimal KD Pengetahuan ) x 100 %
Jumlah nilai uraian = ( 20 / 20 ) x 100 %
Jumlah nilai uraian = 100
Peserta didik memperoleh nilai :
·           Sangat Baik    : apabila memperoleh skor  : 86  < skor < 100
·           Baik                : apabila memperoleh skor  : 70  < skor < 85
·           Kurang           : apabila memperoleh skor :  skor < 70

Jawab :
Keterangan
Aset
Belanja
Pengeluaran Pembiayaan
=
Kewajiban
Ekuitas dana
Pendapatan
Penerimaan pembiayaan
Saldo awal
250000000000


1000000000
249000000000


Pengeluaran belanja BPH
(3000000000)
3000000000





Saldo
249700000000
300000000

1000000000
249000000000


Penerimaan DAU
500000000




500000000

Slado
250200000000
300000000

1000000000
249000000000
500000000

Menerima Pinjaman untuk pembiayaan
1000000000





1000000000
Saldo
251200000000
300000000

1000000000
249000000000
500000000
1000000000
251500000000
251500000000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar